Jumat, 28 Desember 2018

Tips Wisata Alam ke Gunung Semeru

Posted by Mastah on Jumat, 28 Desember 2018

Bagi anda yang hobi mendaki, pastinya sudah tak asing lagi dengan gunung yang satu ini. Gunung Semeru merupakan spot favorit bagi para pendaki ulung karena sangat challenging untuk didaki. Karena gunung ini merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di pulau Jawa. Terletak di atas ketinggian 3.676 mdpl, gunung Semeru ini termasuk gunung berapi yang paling aktif saat ini. Maka dari itulah, meski anda sudah ahli mendaki, dibutuhkan tips wisata alam ke Gunung Semeru agar perjalanan anda aman.


Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaki gunung-gunung tinggi seperti Gunung Semeru ini. Untuk lebih detailnya, berikut adalah tips wisata alam ke Gunung Semeru yang harus anda tahu :

Tips wisata alam ke Gunung Semeru
1. Tahu waktu paling baik untuk mendaki
Tips pertama untuk wisata alam ke Gunung Semeru ialah mengetahui waktu yang paling pas untuk mendakinya. Anda akan berada di posisi yang aman jika mendakinya diantara bulan Mei hingga September. Hal tersebut tentunya menyesuaikan dengan iklim Indonesia yang masuk musim penghujan setelah bulan September. Hal tersebut akan berbahaya bagi para pendaki karena jalanan akan sangat licin dan banyak kondisi yang rawan. Maka dari itu, anda dan kelompok anda sebaiknya merencanakan pendakian di waktu-waktu tersebut.

2. Tahu rute dan tujuan pendakian
Tips berikutnya untuk wisata alam ke Gunung Semeru ialah dengan mengetahui rute dari perjalanan anda selama di Gunung Semeru. Jika anda masih belum pernah mendaki ke sana, ada baiknya anda menyewa tour guide yang pastinya lebih berpengalaman. Di rute pendakian pertama anda akan melewati Ranu Pane hingga sampai di Ranu Kumbolo. Dan di rute pendakian kedua, anda akan start dari Ranu Kumbolo untuk menuju ke Kalimati. Setelah melewati ketiga tempat itulah, baru anda akan sampai di Puncak Gunung Semeru yang anda nantikan.

3. Tahu akan suhu di Gunung Semeru
Tips selanjutnya untuk wisata alam ke Gunung Semeru adalah dengan mengetahui suhu yang ada di Gunung Semeru selama masa pendakian berlangsung. Karena anda harus mempertimbangkan suhu jika ingin meneruskan pendakian ke puncak. Anda harus mulai mendaki ke puncak pada tengah malam agar terhindar dari kedinginan yang hebat di pagi hari. Karena suhu di sana dapat mencapai minus jika musim kemarau tiba dan hal tersebut telah banyak membuat para pendaki hipotermia hingga meninggal dunia.

Itulah tadi tips wisata alam ke Gunung Semeru yang wajib anda ketahui, mengingat rawannya area mendaki di sana. Anda pun harus tetap berkelompok dan saling membantu agar keselamatan kelompok terjamin. Semoga membantu!

Previous
« Prev Post